-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Yuyut

PRABU YUYUT yang dalam cerita pedalangan (Jawa) disebut dengan nama Resi Rekatama, adalah raja jin dari pulau Darma di daerah Keling. Ia berwujud ketam/yuyu raksasa, tetapi dapat berbicara dan bertata-krama seperti manusia.

Karena sangat tekun bertapa, Prabu Yuyut menjadi sangat sakti. Ia menikah dengan Dewi Rawati, bidadari hasil pemujaan Sanghyang Wenang. Dari perkawinannya tersebut ia mempunyai seorang putri yang bernama. Dewi Rekatawati atau Dewi Wirandi Setelah dewasa Dewi Rekatawati menjadi istri kedua Sanghyang Tunggal, putra Sanghyang Wenang dengan Dewi Saoti, dan berputra Sanghyang Antaga, Sanghyang Ismaya dan Sanghyang Manikmaya.

Karena berwujud ‘akyan’ atau makhluk halus/berbadan sukma, Prabu Yuyut tidak bisa mati. Ia hidup abadi selama jagad raya masih gumelar.
Semoga artikel Yuyut bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter