-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Yogiswara - Resi

RESI YOGISWARA adalah brahmana sakti dari pertapaan Yogisrama yang berada di hutan Dandaka. Ia adalah guru Prabu Dasarata, raja negara Ayodya, juga menjadi guru Ramawijaya dan Laksmana, putra Prabu Dasarata dengan Dewi Kusalya dan Dewi Sumitra.

Resi Yogiswara pernah menyelamatkan Dewi Kusalya, putri Prabu Banaputra, raja negara Ayodya dengan permaisuri Dewi Barawati, dari nafsu angkaramurka Prabu Dasamuka, raja negara Alengka yang ingin memperistri Dewi Kusalya secara paksa. Prabu Dasamuka yang dalam keadaan nafsu birahi ditipunya dengan penyerahan Dewi Kusalya palsu yang diciptakan dari selembar daun. Resi Yogiswara juga menjadi wali perkawinan Dewi Kusalya dengan Dasarata yang waktu itu menjadi muridnya.

Resi Yogiswara berumur sangat panjang mencapai ratusan tahun. Konon ia ikut menyaksikan kelahiran Anoman, putra Dewi Anjani dengan Bathara Guru yang lahir di telaga Madirda. Resi Yogiswara juga masih mendengar kabar kematian Prabu Dasamuka oleh panah Guwawijaya, senjata pusaka Prabu Rawawijaya, muridnya sendiri.
Semoga artikel Yogiswara - Resi bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter