-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Wisnukapiwara

WISNUKAPIWARA adalah kerabat Sanghyang Wisnu, berwujud wanara/kera berwarna hitam (lutung). Ia mempunyai saudara kembar gondangkasih (karena perbedaan warna) bernama Supalawa yang berbulu putih, yang turun ke arcapada sebagai andel kepercayaan Resi Manumayasa, cucu buyut Sanghyang Wisnu. 


Meskipun berwujud kera, Wisnukapiwara sangat sakti. Ia dapat mengecilkan tubuhnya menjadi sebesar lanceng (lebah kecil putih). Dengan kesaktiannya Wisnukapiwara pernah membebaskan Sanghyang Wisnu dari penjara baja sebagai tawanan Prabu Kalakeya, raja negara Dwaraka, putra Bathara Kalayuwana yang berarti cucu Bathara Kala dengan Dewi Pramuni. Dengan petunjuk dan bantuan Prabu Nagaraja, raja ular/taksaka yang bersemayam di Sumurjalatunda, Wisnukapiwara berhasil mengetahui rahasia kekuatan penjara baja ciptaan Prabu Kalakeya.

Pada jaman Ramayana, ketika Sanghyang Wisnu menitis pada diri Ramawijaya, Wisnukapira ikut terjun ke arcapada menjelma sebagai kera hitam bernama Winata yang bertugas memberi fatwa tentang arti kebajikan dan mengobarkan semangat perang dikalangan prajurit kera Gowa Kiskenda. Sedangkan pada jaman Mahabharata, Wisnukapirawa pernah turun ke arcapada, menjadi andel Resi Padmanaba (penjelmaan Wisnu Anjali) di pertapaan Untarayana, yang menjadi guru Sri Kresna dan Arjuna.
Semoga artikel Wisnukapiwara bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter