-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Wimuka

WIMUKA adalah putra kedua Prabu Baladewa, raja negara Mandura dengan permaisuri Dewi Erawati, putri sulung Prabu Salya dari negara Mandaraka. Ia mempunyai kakak kandung bernama Wisata.

Wimuka beparas cakap. Ia banyak mewarisi watak ayahnya yang keras hati dan mudah naik darah. Wimuka memiliki sifat pemberani, cerdik pandai dan besar rasa tanggung jawabnya. Selain pandai dalam olah keprajuritan khusunya dalam mempergunakan senjata gada dan lembing, Wimuka juga pandai dalam ilmu pemerintahan dan ketatanegaraan. 



Wimuka tidak ikut terjun dalam perang Bharatayuda, karena keluarga Mandura bersikap netral dalam pertikaian antara keluarga Kurawa dan Pandawa. Setelah berakhirnya perang Bharatayuda, Wimugka mendampingi kakaknya, Wisata yang menjadi raja negara Mandura. – Wisata dinobatkan menjadi raja Mandura menggantikan ayahnya, Prabu Baladewa yang dalam usia lanjut menjadi pengasuh dan penasehat Prabu Parikesit, di negara Astina, begelar Resi Balarama.

Akhir riwayatnya diceitakan: Wimuka ikut tewas dalam peristiwa perang gada sesama wangsa Yadawa, yang membinasakan semua keturunan wangsa Yadawa, Wresni dan Andaka, keturunan Prabu Yadu, pendiri negara Mandura dan cikal-bakal Wangsa Yadawa.
Semoga artikel Wimuka bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter