-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Sumong

Lakon Sumong ini mengisahkan tentang para Pandawa hilang dari Kerajaan Amarta, sedangkan kerajaan itu diduduki oleh Rahwana (Dasayitna) yakni Rahwana menjadi Yudistira. Kumbakarna menjadi Bima, Indrajit berdiam di Madukara menjadi Arjuna bersama anaknya Siti Sundari dan Angkawijaya. Arjuna palsu jatuh cinta kepada menantunya dan Abimanyu diminta mencari bunga Sumarsana Wilis.

Sementara di Sulendrapura Prabu Dewa Lengkar, Patih Teja Lengkara dan Darmalengkara serta Begawan Sumong menerima Angkawijaya dan Siti Sundari dan diangkat sebagai anak angkat dengan nama Dewakusuma dan Sumarsana Wilis. Dewakusuma diminta membunuh Arjuna di Kasatrian Madukara, sedangkan Prabu Kresna datang di Pertapaan Imamaya bertemu Begawan Dewakusuma dan Lintang Trenggana, Bila, dan Bilawa yang sepakat menuju Kerajaan Amarta.

Peperangan terjadi Dewakusuma dengan Arjuna palsu dan berubah menjadi Indrajit , Yudistira palsu menjadi Rahwana. Bima palsu menjadi Kumbakarna, Anoman datang dan mengusir Dasayitma.
Semoga artikel Sumong bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter