-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Setyaki Lair

Lakon ini mengisahkan kelahiran Setyaki anak Prabu Setiajid dengan Dewi Warsini dari Kerajaan Lesanpura. Disaat Dewi warsini mengandung delapan bulan ia ingin menaiki harimau putih. Untuk memenuhi keinginan istrinya, Prabu Setiajid segera pasang grogol atau jaring di tengah hutan sehingga mendapatkan harimau putih lalu diserahkan istrinya untuk menaikinya. Namun betapa terkejutnya setelah Dewi Warsini menaiki, harimau itu lari dengan membawa Dewi Warsini.

Di tengah perjalanan harimau putih mengaku kalau ia adalah patih Singamulangjaya yang sedang diutus rajanya yakni Prabu Gadamustaka dari Swalabumi karena ingin memperistri Dewi Warsini.

Di tengah jalan itu Dewi Warsini melahirkan, oleh Singamulangjaya akan dibunuhnya tetapi tidak tewas bahkan semakin besar akhirnya Singamulangjaya dibunuhnya. Anak itu diberi nama Setyaki, Wresinala, Tambakyuda, Yuyudana.

Selanjutnya Setyaki dapat menaklukkan Prabu Gadamustaka dan menguasai Kerajaan Swalabumi.
Semoga artikel Setyaki Lair bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter