-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Sapwani / Sempai

BEGAWAN / RESI SAPWANI atau Sempani (Pedalangan Jawa) adalah pendeta sakti dari padepokan Kalingga di Jasirah/Buwana Keling. Ia menjabat sebagai penasehat Agung Raja dari negar Sindu.

Resi Sapwani mempunyai kesaktian, dapat mencipta apa saja yang ia kehendaki. Ia juga memiliki "air Kehidupan" dengan daya khasiat dapat menghidupkan barang yang mati. Atas perkenan Dewata, Resi Sapwani mencipta kulit bungkus Bima/Werkudara yang mengapung di samudra menjadi anak lalaki yang kemudian dihidupkan dengan percikan "air Kehidupan". Anak lelaki tersebut ia beri nama Bambang Segara, sementara isterinya. Nyai Sempani memberinya nama Arya Tirtanata.




Akhir riwayatnya diceritakan, Resi Sapwani tewas di medan perang Bharatayuda oleh panah Pasopati yang dilepas Arjuna karena membela kematian putra angkatnya, Jayadrata/Arya Tirtanata.
Semoga artikel Sapwani / Sempai bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter