-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Prabu Pratipa

PRABU PRATIPA adalah putra Prabu Bhimasena, raja negara Astina dengan Dewi Kumari. Ia merupakan keturunan ke-33 Bathara Darma, dan menjadi raja ke-24 negara Astina.

Prabu Pratipa kawin dengan Dewi Sumanda. Ia dikaruniai seorang putra yang diberi nama Santanu, yang diyakini sebagai titisan/reinkarnasi Bathara Mahabhima yang karena kutukan Bathara Brahma menjelma menjadi manusia.



Merasa usianya sudah lanjut, Prabu Pratipa menyerahkan tahta kerajaan Astina kepada Santanu. Ia kemudian hidup sebagai brahmana sampai akhir hayatnya. Namun demikian ia telah memenuhi janjinya, menikahkan putranya, Santanu dengan Dewi Gangga/Dewi Jahnawi, wanita yang ditemuinya tatkala ia bertapa di Sungai Gangga.
Semoga artikel Prabu Pratipa bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter