-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Prabu Arjunapati

Prabu Arjunapati raja negara Sriwedari dan anak murid Prabu Kresna. Ia adalah anak murid yang sangat setia pada guru dan menurut apa titah gurunya. Ketika Prabu Arjunapati mendapat titah yang menyalahi adab, yakni supaya menyerahkan permaisurinya kepada Arjuna, maka dengan dibantu oleh patihnya melawanlah ia dan membunuh Arjuna. Tetapi Arjuna dapat dihidupkan kembali oleb Prabu Kresna dengan menggunakan kesaktian bunga Wijayakusuma.



Digambarkan di sini, bahwa perbuatan lalim akan menemui hukumannya dan hukuman harus diterima sebagaimana adanya, oleh karena ini adalah hasil, buah daripada perbuatan sendiri dan meski Arjuna sekalipun harus memetik buah daripada perbuatannya.

Prabu Arjunapati bermata jaitan, berhidung mancung, bermuka agak tenang. Bersanggul kadal menek, berjamang tiga susun dengan garuda membelakang. Bersunting waderan, berpraba. Bergelang, berpontoh, dan berkeroncong. Berselendang. Berkain kerajaan lengkap.

Sumber : Sejarah Wayang Purwa - Hardjowirogo - PN Balai Pustaka - 1982
Semoga artikel Prabu Arjunapati bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter