-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Dewi Wiraksi

DEWI WIRAKSI adalah raseksi dari hutan Dandaka. Berkat ketekunanya bertapa memuja Hyang Wrahaspati, Dewi Wiraksi memiliki berbagi ilmu kesaktian, diantaranya dapat berubah wujud menjadi wanita cantik.

Dewi Wiraksi menyaksikan terjadinya peristiwa berdarah di petapaan Puncakmolah, yaitu ketika Dasamuka/Rahwana membunuh Resi Rawatmaja dan menyiksa Garuda Sempati dengan mancabuti semua bulunya hanya karena ingin merebut Dewi Kusalya, putri Prabu Banaputra dari Kerajaan Ayodya.

Tertarik akan kegagahan kesaktian Rahwana, secara diam-diam Dewi Wiraksi membuntuti Rahwana ketika raja raksasa dari Alengka itu mengejar Dewi Kusalya ke pertapaan Yogisrama. Berkat aji panglimunanannya, Dewi Wiraksi mengetahui kalau Dewi Kuslya yang diserahkan Resi Yogiswara kepada Rahwana adalah Dewi Kusalya palsu. Dewi Wiraksi yang menghadang di perjalanan berusaha mengingatkan Rahwana bahwa yang dibawanya hanyalah Dewi Kusalya palsu ciptaan Resi Yogiswara, sedangkan Dewi Kusalya yang asli masih ada dipertapaan Yogisrama. Namun peringatan Dewi Wiraksi ini tidak digubris Rahwana. Rahwana baru menyadari kebenaran peringatan Dewi Wiraksi setelah sampi dikeputrian Alengka, Dewi Kusalya yang ingin dirayunya berubah menjadi selembar daun.

Rahwana yang marah keluar istana dan akan kembali ke pertapaan Yogisrama. Lagi-lagi Dewi Wiraksi mencegatnya dan mengingatkan Rahwama akan janjinya kepada Resi Yogiswara. Tertarik akan kecerdikan dan kesaktian Dewi Wiraksi, Rahwana kemudian mengambilnya sebaagi istri. Dari perkawinabn ini mereka mendapatkan seorang anak lelaki yang diberi nama Trimurda.
Semoga artikel Dewi Wiraksi bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter