-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Bambang Kalingga (Sakutrem) - Lakon

Kahyangan Jonggringsalaka, terancam ketentramannya oleh Prabu Kalimantara, raja dari Negara Nusantara yang menginginkan mempersunting Dewi Supraba. Adik Prabu Kalimantara, yang bernama raden Hardadedali, dan patih negara yang bernama Sarotama, dengan para prajuritnya mengepung kahyangan sang Hyang Girinata.

Bambang Kalingga (Sakutrem), puteri resi Manumayasa, berubah wujudnya menjadi pustaka Kalimasada, raden Hardadedali tewas berubah wujudnya menjadi panah, demikian pula patih Sarotama, mati juga berubah menjadi panah.

Syahdan, ada seekor garuda, namanya Banarata, bertapa di awan menginginkan untuk menjadi raja segala burung, ditemuilah oleh sang Hyang Narada, dan dimintalah bantuannya untuk memerangi musuh kahyangan, yakni prabu Kalimantara.

Dikarenakn salah paham, resi Manumayasa yang telah membunuh prabu Kalimantara diserang dari angkasa, akhirnya garuda Banarata ditewaskan juga, berubah wujudnya menjadi payung Tunggulnaga.

Oleh sang Hyang Girinata, Bambang Kalingga diberi panah Hardadedali dan Sarotama, kelak dikemudian hari, pada keturunanya juga akan diberikan pusaka-pusaka lagi.
Semoga artikel Bambang Kalingga (Sakutrem) - Lakon bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter