-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Anggawangsa - Resi

ANGGAWANGSA, RESI, dalam buku-buku wayang yang lama ditulis Hanggawangsa, adalah raksasa pertapa yang menolong Dewi Maerah setelah permaisuri Prabu Basudewa itu dibuang ke hutan dalam keadaan berbadan dua. Oleh Resi Anggawangsa, Dewi Maerah dibawa ke Pertapaan Wisarengga dan dirawat dengan baik sampai pada saat melahirkan. Setelah cukup bulannya, bayi dalam kandungan itu lahir dengan selamat dan diberi nama Kangsa. Namun beberapa hari kemudian Dewi Maerah meninggal dunia karena sakit setelah bersalin.


Resi Anggawangsa lalu mendidik dan mengajar Kangsa dengan berbagai ilmu sehingga anak Dewi Maerah itu tumbuh menjadi pemuda yang sakti. Setelah dewasa, Resi Anggawangsa mengatakan bahwa Kangsa sebenarnya adalah putra Dewi Maerah, permaisuri Prabu Basudewa. Karena itu Resi Anggawangsa lalu menyarankan agar Kangsa pergi ke Kerajaan Mandura. Penjelasan dan saran Resi Anggawangsa ini tidak salah, namun kurang tepat. Karena sesungguhnya Kangsa adalah anak Prabu Gorawangsa yang menyaru sebagai Basudewa, sehingga Dewi Maerah tertipu dan bersedia melayani hasrat cintanya.
Semoga artikel Anggawangsa - Resi bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter