-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Ancakogra

DITYA ANCAKOGRA adalah senapati perang balatentara negara Surateleng pada jaman pemerintahan Prabu Sitija, putra Prabu Kresna, raja negara Dwarawati dengan Dewi Pretiwi, putri Prabu Nagaraja dari krajaan Sumur Jalatunda. Ia tercipta dari bekas tempat sesaji (=ancak-Jawa) yang karena daya kesaktian Cangkok Wijayamulya milik Bambang Sitija, menjelma menjadi makhluk raksasa yang buas dan kejam.


Ancakogra sangat sakti dan menjadi senapati kepercayaan Prabu Sitija. Ia membantu Bambang Sitija merebut negara Surateleng dari kekuasaaan Prabu Narakasura. Ancakogra juga menjadi pemimpin pasukan balatentara negara Surateleng tatkala Prabu Sitija yang sudah bergelar Prabu Narakasura menyerang dan merebut negara Prajatisa/Trajutisna dari kekuasaaan Prabu Bomantara.

Ketika terjadi perselisihan antara Prabu Sitija/Bomanarakasura dengan Prabu Gatotkaca, raja negara Pringgandani yang berkaitan dengan masalah hak pemilikan hutan Tunggarana, Ancakogra mendapat tugas memimpin pasukan balatentara Surateleng dan Prajatisa untuk menyerang negara Pringgandani. Ancakogra tewas dalam pertempuran melawan Gatotkaca. Dadanya hancur terkena hantaman Aji Brajamusti.
Semoga artikel Ancakogra bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter