-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Tradisi Dandan Kali Desa Petung


Dandan kali merupakan tradisi Desa Petung yang dilaksanakan setiap bulan Ruwah pada hari Jum’at Kliwon. Tradisi ini dilaksanaakan sebagai ucapan syukur atas rejeki air yang  tidak pernah kering meski pada musim kemarau.Tradisi ini memiliki nilai sejarah tersendiri di Dusun ini. Konon ada dua orang sesepuh desa yaitu Mbah Kertoyadi dan Mbah Kertodikromo menanam dua buah pohon besar di dekat mata air. Tujuannya untuk menjaga sumber mata air agar tetap lestari. Sebagai ucapan syukur, kedua sesepuh tersebut mengadakan syukuran yang hingga kini masih menjadi tradisi. Syukuran dandan kali dilakukan dengan penyembelihan kambing jantan di dekat mata air di Utara Desa. Uniknya penyembeliha kambing dan yang memask daging kambing ini hanya dilakukan oleh kaum laki-laki saja.

Semoga artikel Tradisi Dandan Kali Desa Petung bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter