-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Upacara Adat Bersih Desa Julungan Di Kalisoro Tawangmangu

Siang kawan, kali ini saya akan share Informasi dari Julungan, Julungan adalah nama yang berasal dari wuku Julung Wangi, salah satu nama wuku atau siklus waktu yang berlangsung 30 minggu dalam sistem kalender yang berlaku di Jawa dan Bali. Julungan yang digelar setiap satu kali dalam tujuh bulan ini merupakan satu dari beberapa upacara adat bersih desa yang tersebar di Kecamatan Tawangmangu yang berada di lereng Gunung Lawu, Karanganyar.
Tradisi bersih desa Julungan hingga saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat lokal Desa Kalisoro Tawangmangu. Desa yang terkenal dengan Bumi Perkemahan Sekipan Kalisoro ini rutin menggelar ritual yang dimaksudkan untuk memohon kemakmuran, keselamatan, dan ketentraman kepada Tuhan di lokasi punden desa setempat yang dipercaya sebagai punden leluhur mereka, Kyai Honggodito.
Prosesi slametan atau selamatan di kawasan ini adalah salah satu jenis upacara adat yang masuk dalam potensi wisata budaya berupa upacara adat Kabupaten karangayar. Karena itu, upacara adat Julungan kini dikemas dalam sebuah kegiatan yang berpotensi menarik perhatian wisatawan dan tidak hanya berwujud kegiatan selamatan berupa kendurian saja.
Prosesi upacara bersih desa Julungan
Saat ini prosesi tradisi bersih desa di Desa Kalisoro telah dikemas dalam sebuah kirab budaya. Masyarakat lokal tidak hanya mengadakan bersih pepunden dan menggelar selamatan berupa kendurian di lokasi punden saja.
Prosesi bersih desa Julungan dimulai dengan kerja bakti membersihkan lingkungan desa dan juga pepunden. Setelah semua persiapan lengkap. Prosesi pertama dalam puncak acara upacara adat Julungan adalah kirab budaya. Dalam kirab ini warga akan mengarak berbagai jenis uba rampe sesajian seperti nasi gurih, ingkung ayam, sambal goreng, hingga buah-buahan seperti pisang.
Tak lupa juga, seperti dalam tradisi kirab budaya lainnya warga juga mengusung bermacam hasil bumi untuk dikirab menuju pepunden desa. Sementara untuk peserta kirab datang dari berbagai kelompok. Dari warga setempat hingga kelompok hiburan tradisional turut dalam kirab untuk meramaikan acara.
Sesampainya di pepunden desa, seluruh uba rampe sesaji terlebih dahulu akan didoakan. Selesainya sesi doa di punden ini menjadi puncak prosesi bersih desa Julungan karena setelah itu warga akan berebut seluruh sesajian berupa kenduri dan juga hasil bumi.
Waktu penyelenggaraan dan lokasi bersih desa
Upacara adat bersih desa di Kalisoro rutin digelar setiap Selasa Kliwon pada wuku Julung Wangi dalam kalender Jawa. 
Desa Kalisoro berlokasi di sisi utara dan selatan jalan Tawangmangu – Magetan, sekitar satu atau dua kilometer dari gang masuk menuju Objek Wisata Grojogan Sewu. Lokasi ini dengan mudah anda tempuh baik menggunakan kendaraan bermotor pribadi atau angkutan umum. Perjalanan dari Kota Solo memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Semoga artikel Upacara Adat Bersih Desa Julungan Di Kalisoro Tawangmangu bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter