-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Saparan Apem Keong Mas Pengging

Siang kawan, hanya sekedar berbagi dan share ulang, Saparan Apem Keong Mas Pengging, Saparan Pengging, sebaran Apem Kukus Keong Mas Pengging, atau nama apa pun itu menyangkut Apem Kukus Keong Mas adalah upacara adat di wilayah Pemerintahan Kabupaten Boyolali.
Lebih tepatnya, upacara tradisional Saparan Pengging (dilaksanakan di bulan Sapar (penanggalan Jawa)) berupa sebaran Apem Keong Mas ini dilaksanakan di Objek Wisata (OW) Pengging, Banyudono, Boyolali. Kegiatan yang selalu ramai dipadati pengunjung ini biasa di gelar di pelataran Masjid Cipto Mulyo setelah sebelumnya diarak dari lingkungan Makam Astana luhur R. Ng. Yosodipuro dan kantor Kecamatan Banyudono.
Pelaksanaan Apem Keong Mas Saparan Pengging biasa melibatkan ribuan warga dan juga ribuan apem berbentuk bulat dan kerucut dengan bungkus janur. Prosesi Saparan Apem Keong Mas diawali pada hari sebelum dilaksanakannya sebaran.
Apem kukus yang akan disebarkan sebelumnya didoakan di Masjid Cipto Mulyo sebelum nantinya dibawa ke Makam R. Ng. Yosodipuro. Dari makam, ribuan apem yang disusun dalam dua gunungan apem akan diusung menuju kantor Kecamatan Banyudono kemudian berlanjut menuju pelataran Masjid Cipto Mulyo.
Waktu pelaksanaan adalah Jum’at di tengah bulan Sapar. Tepatnya, sebaran apem kukus dilaksanakan setelah sholat Jum’at. Mereka yang biasa ikut terlibat dalam kegiatan ini adalah pejabat setempat atau Pemerintah Kabupaten Boyolali, Trah R. Ng. Yosodipura Karathon Surakarta, pasukan dari Keraton Surakarta, Takmir Masjid Cipto Mulyo, dan lainnya.
Upacara tradisional yang merupakan perwujudan syukur masyarakat ini diceritakan telah berlangsung sejak era R. Ng. Yosodipura (Yosodipura I), pujangga besar Keraton Surakarta, di era kepemimpinan Pakubuwono IV.
Ada beberapa versi cerita berkembang tentang makna dan latar belakang diadakanya upacara tradisional ini. Salah satunya adalah tentang kisah para petani yang mengatasi hama keong mas dengan apem. Dan sejak saat itu, mereka bersyukur dengan membuat apem keong mas sebagai wujud rasa syukur terbebas dari hama itu.
Hari Jum’at di bulan Sapar tahun 2013 akan kembali jatuh pada tanggal 6, 13, 20, dan 27 Desember 2013!

sumber
Semoga artikel Saparan Apem Keong Mas Pengging bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter