-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Rondha Tretek, Tradisi Warga Gajahan Bangunkan Sahur

Karanganyar – Berbagai macam kegiatan dilakukan warga dalam mengisi bulan Ramadhan. Di Dusun Gajahan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, warga setempat memiliki tradisi ronda tretek.
Dalam kegiatan ini, dengan peralatan musik tretek dan perkakas alat dapur, warga secara bergantian ronda keliling membangunkan sahur. Kegiatan ini sekaligus juga menjadi sarana silahturami dan menjaga kebersaman selama bulan Ramadan. Tak hanya kaum Adam, ibu-ibu pun seperti tak mau ketinggalan untuk turut serta berpartispasi dalam kegiatan yang rutin dilakukan di bulan Puasa tersebut.
Para warga ini mendendangkan sholawatan dan diiringi perpaduan peralatan musik tretek atau kentongan dan alat perkakas dapur seperi kuali, tutup panci, piring atau galon air dan beduk, berjalan kaki berkeliling kampung. tak jarang mereka pun mengetok pintu rumah untuk membangunkan warga. Meski tanpa komando, atraksi para ibu dan bapak-bapak ini sangat kompak sehingga suasana menjadi meriah.
Menurut Joko Suseno, warga setempat, kegiatan ini sendiri mendapat tanggapan positif dari warga. Karena selain menjaga keamanan juga secara tidak langsung turut membangunkan warga yang menjalankan ibadah puasa untuk makan sahur. Ronda tretek telah menjadi tradisi dusun Gajahan tiap bulan ramadhan, sebagai upaya silaturahmi antar warga dan kebersamaan selama bulan Ramadhan.
“Ini kegiatan bagus, selain menjaga silaturahmi antar warga juga bisa membangunkan warga yang akan sahur,” kata Joko, Senin (22/7).
Meski harus tidak tidur sampai waktu sahur, para warga ini mengaku senang. Karena ronda tretek atau ronda sahur ini juga sekaligus menjadi sarana ibadah bulan ramadhan lantaran membantu warga lain bangun untuk makan sahur.

link
Semoga artikel Rondha Tretek, Tradisi Warga Gajahan Bangunkan Sahur bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter