-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

TARI JURIT NGAMPIL KRIDHAWARASTRA

http://1.bp.blogspot.com/_vZttB1RAjqY/SuCqSQiRquI/AAAAAAAAACI/GolHTLrxU3E/s320/Picture+008.jpgTari Jurit Ngampil Kridha Warastra dipersiapkan sebagai salah satu tarian khas Salatiga. Ide penyusunan Tari Jurit Ngampil Kridha Warastra adalah berdasarkan latar belakang sejarah Perjanjian Salatiga pada tangal 17 Maret Tahun 1757 di Kalicacing Salatiga. Dalam perjanflan tersebut masing‑masing pihak yang mengikuti perjanjian membawa dan menunjukkan kekuatan pasukannya. Pangeran Sambernyawa juga menunjukkan kekuatan pasukannya dengan membawa beberapa kesatuan prajuritnya. Salah satu kesatuan Prajurit wanita dari Pasukan Pangeran Sambernyawa adalah Kesatuan (bregada) Jurit Ngampil. Pasukan ini adalah kesatuan infantri prajurit putri mangkunegaran yang sangat dekat dengan sang pangeran.Tari Jurit Ngampil Kjidhawarastra merupakan Tarian Lepas (Tari Kaprajuritan Putri) dengan busana prajurit Putri. Bergelung kecil, baju, sabuk, dodot, dan celana, dengan kelengkapan senjata : endhong Jemparing, nyenyep, gendewa dan Cundrik.
Gerakan tarinya merupakan perpaduan antara gerak‑gerak tari klasik gaya Surakarta dengan gerak‑gerak tari Rakyat. Iringan menggunakan Gamelan Jawa bras Pelog meliputi rickan Gender,  Kendang, demung, saron, kenong, kempul dan gong. Bentuk gending lancaran. Srepeg dan Palaran.
Tari Jurit Ngampil Kridhawarastra adalah tarian lepas, artinya dapat  ditampilkan sebagai tarian tunggal maupan tarian beregu.



Sumber
Semoga artikel TARI JURIT NGAMPIL KRIDHAWARASTRA bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter