-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Ketoprak Balekambang

http://www.solopos.com/dokumen/2011/07/ilustrasi-dok-Soloposa.jpgKetoprak Balekambang sudah ada sejak tahun 1950, namun gedungnya sudah ada semenjak tahun 1977. Dinamakan "Tobong" karena tempat pertunjukannya selalu berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan mendirikan panggung darurat. Lalu pada tahun 1989 menggunakan gedung yang tersedia sudah tidak dipakai lagi untuk mengadakan pertunjukan tetap sehingga tidak berpindah pindah lagi. Hingga jumlah anggota dari komunitas Ketoprak Tobong kurang lebih 70 orang. Dari tempat ini pula telah ter kolompok kethoprak humor Srimulat dan artis arts lawak seperti Gepeng, Timbul, Basuki dan masih banyak lagi. Hampir setiap malam Ketoprak ini sealu mengadakan pertunjukan. Pertunjukan dimulai dari pukul 20.30 sampai dengan pukul 23.00 atau lebih. Harus diakui kepiawaian / kemampuan mereka bermain, bernyanyi menguasai peran memang luar biasa, bahkan sempat mendapat beberapa penghargaan tingkat nasional bahkan pengakuan internasional. Mereka bahkan tidak perlu melakukan latilhan panjang sebelum pentas, hanya perlu waktu dua jam sebelum pertunjukan dimulai untuk melakukan bedah naskah yang bertujuan untuk membagi peran. Di saat itulah sang sutradara mengarahkan cerita yang akan di tampilkan. Harga satu tiket adalah Rp 2.500,00 Rp 3.000,00. Dengan fasilitas seadanya dan sangat sederhana anda dapat menikmati suguhan kethoprak klasik jawa yang nilai berseni tinggi.

Sumber
Semoga artikel Ketoprak Balekambang bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter