-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Kebo Kinul


Kebo Kinul merupakan salah satu jenis kesenian rakyat yang erat kaitannya dengan kegiatan seni dan ritual, yang tergoiong dalam teater rakyat, didalamnya terdapat alur cerita, dialog, tari, dan karawitan. Isi cerita diambil dari legenda Desa Genengsari Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Kebo Kinui adalah penjaga tanaman berbentuk orang‑orangan dari jerami yang diyakini oieh masyarakat sekitarnya sebagai simbol kesuburan.
Pertunjukan Kebo Kinul mengisahkan tentang masyarakat Desa Genengsari Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukohalo yang mengalami pagebluk (wabah penyakit yang menyerang manusia maupun tanaman), warga gagal memanen hasil pertanian karena rusak yang tidak diketahui apa penyebabnya. Setelah diteliti temyata yang merusak adalah kebo kinul sendiri yang dipercaya sabagai penjaga tanaman yang dibantu oleh hama tanaman seperti: tikus, celeng, menthek, dil. karena merasa tidak dihargai keberadaanya, para petani melalaikan kewajibannya untuk mengadakan sesaji/selamatan ketika memanen hasil pertaniannya.
Warga desa tidak ada yang mampu menjinakkan kebo kinul yang sedang  mengamuk tersebut, akhirnya minta pertolongan seorang Kyai bernama Kyai  Pethuk. Kyai Pethuk meminta kepada Kebo Kinul untuk tidak merusak semua  tanaman, namun kebo kinui membabi buta merusak tanaman warga,akhirnya peperangan sengit tidak terelakkan lagi. Kyai Pethuk berdoa memohon petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa agar bisa menghentikan pagebluk yang sedang terjadi, dengan sarana sebuah keris pusaka akhirnya kebo kinul tunduk menyerah, namun kebo kinul mempunyai permintaan agar para warga memberikan sesaji mengadakan selamatan pada waktu rnemanen hasil pertaniannya. Setelah warga desa menyanggupi permintaan tersebutl dan pagebluk yang melanda desa Genengsari, Kebo Kinul akhirnya menjadi sahabat petani dalarn hal menjaga dan mengolah tanarnan agar terhindar dari harna, dan hasil panenan dapat melimpah.
Sebagai ungkapan rasa syukur karena telah terhindar dari pagebluk, warga desa mengadakan syukuran dengan sajian tari‑tarian untuk menghibur warga masyarakat, sementara warga masyarakat juga ikut ambil bagian dalam tarian tersebut.

Semoga artikel Kebo Kinul bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter