-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

DOLALAK


Kabupaten Purworejo merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di wilayah ProvinsiJawa Tengah bagian selatan. Kabupaten Purworejo juga telah dikenal olch masyarakat luas memiliki berbagai aset wisata dan seni budaya unggulan antara lain Bedhug Agung, Museum Tosan Aji, Wisata Pantai Laut Selatan dan juga seni tradisional Dolalak.

Dolalak adalah kesenian khas Kabupaten Purworejo yang lahir pada masa Penjajahan Belanda. Waktu itu masyarakat Purworejo sering melihat Serdadu Belanda yang sedang berdansa ria melepas dahaga dan kerinduannya. Gerak‑gerik Serdadu Belanda tersebut memberikan inspirasi kepada masyarakat Purworejo yang pada akhirnya melahirkan kesenian Dolalak.

Pada awaInya kesenian tari Dolalak dibawakan oleh laki‑laki yang diiringi dengan alat tradisional seperti Jidor, Kendhang dan Kemprang. Dalam perkembangannya seni Dolalak banyak dibawakan oleh kaum wanita, demikian juga dengan iringannya pada masa sekarang dilengkapi dengan Organ, Bas Gitar, Kecer dan lain sebagainya

Sumber
Semoga artikel DOLALAK bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter