-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Tenun

Tenun adalah kain yang dianyam dari bahan serat kayu, kapas, sutra dan lain sebagainya. Kain tenun ini sudah lama ada di Indonesia, terbukti dengan ditemukannya peninggalan prasejarah berupa pecahan barang tembikar di daerah Gunung Wingko, Pantai Samas Yogyakarta menunjukkan adanya gambar-gambar yang dapat digunakan sebagai indikator tentang bekas barang tenunan dan anyaman. Dalam perkembangannya, di daerah Yogyakarta Selatan, Kulon Progo Selatan hingga daerah Kutoarjo adalah daerah yang terkenal menghasilkan barang tenunan, kain lurik, bahan stagen dan sebagainya. Dalam proses pewarnaannya menggunakan bahan yang terbuat dari tumbuhan tom (tarum) yang menghasilkan bahan pewarna biru tua.
Lukisan-lukisan yang terdapat pada pecahan benda keramik selalu bercorak geometris atau ilmu ukur. Hiasan yang terdapat pada benda logam perunggu, menunjukkan adanya kemungkinan bahwa pada jaman neolitikum telah dirintis pembuatan kain batik, dengan bahan dasar hasil tenunan sendiri. Motif batik bercorak ilmu ukur seperti pada hiasan keramik dan pewarnaanya hanya satu jenis saja yaitu biru tua (tom = wedelan).
Dari keterangan diatas dapt ditarik kesimpulan bahwa hubungan keterkaitan antara tenun dengan batik adalh tentang umurnya yang sudah tua, yaitu keduanya sama-sama berasal dari jaman prasejarah.
Semoga artikel Tenun bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter